Selamat Datang di 
TOKO NASA CIAMIS
Toko Online Nasa Amanah & Terpercaya | WA : 0813 2340 7890


Natural BVR

Natural BVRBassianaNatural


Rp38.000
Natural BVR adalah pengendali hama alami yang berbahan aktif  Beauveria bassiana yang merupakan suatu cendawan yang sangat berperan dalam pengendalian secara biologis hama-hama yang merugikan tanaman.

Beauveria bassiana merupakan cendawan parasitik yang termasuk dalam kelas Deoteromycetes. Mekanisme B. bassiana dalam menyerang hama terjadi sebagai berikut  :
  • B. Bassiana masuk ke dalam bagian tanaman, kemudian jika ada bagian tanaman tersebut yang dimakan oleh serangga menyebabkan B. Bassiana ikut masuk ke dalam tubuh hama. Di dalam saluran pencernaan hama, B. Bassiana mengeluarkan enzim khitinase, protease, dan lipase yang akan menghancurkan saluran pencernaan. Kemudian jamur akan menembus kulit dan membentuk miselium ( benang-benang putih), sehingga keberadaan cendawan ini di dalam tubuh hama akan menghancurkan kutikula kulit dan menghabiskan hasil-hasil metabolisme tubuh hama, sehingga hama akan mati secara perlahan-lahan. Di samping itu jamur ini juga mengeluarkan senyawa toksin seperti beauvericin, beauverolides, dan asam oksalat yang dapat meracuni perut hama.
  • B. Bassiana  masuk melalui kulit serangga hama dengan cara menempel kulit dan menembus masuk ke dalam tubuh. Proses selanjutnya sama seperti no. 1
  • B assiana mengandung 1010 spora per gram kultur. Bentuknya adalah tepung halus yang tahan disimpan selama 3-5 tahun tanpa berkurang efektivitasnya.
  • B. Bassiana efektif untuk mengendalikan hama wereng, walang sangit (Leptocorixa acuta), kutu-kutuan (Aphis sp.) , dan ulat kubis (Plutellas Sp).
Aplikasi pemakaian Natural BVR :
Campurkan 2 gr tepung Natural BVR + 1 liter air atau 30 gram / tangki 14 liter
Gunakan untuk mennyemprot seluruh bagian tanaman
Penyemprotan dilakukan sore hari

 Ketentuan :
  • Dapat digunakan bersamaan dengan penyemprotan pupuk organik cair NASA
  • Tidak dapat dicampur dengan pestisida kimia


Komentar (0)

Post a Comment